Entri Populer

Rabu, 03 November 2010

LAPORAN KEGIATAN STUDENT EXCHANGE

LAPORAN KEGIATAN STUDENT EXCHANGE
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA & UNIVERSITY MALAYA
INDONESIA-MALAYSIA
7 Juli – 4 Agustus TAHUN 2010



Oleh

SUCI CAHYATI
NIM.08601241071





PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN & REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA





LAPORAN
KEIKUTSERTAAN STUDENT EXCHANGE
FIK UNY – UNIVERSITY MALAYA
TAHUN 2010


I. Latar belakang

Kegiatan Student Exchange ini dilaterbelakangi oleh program kerja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan University of Malaya, Malaysia. Peserta yang ikut serta dalam student exchange ini diperoleh melalui tiga tahapan yakni tahap pendaftaran , seleksi dan pelaksanaan. Setiap mahasiswa berhak untuk mendaftarkan diri, setelah pendaftaran kemudian dilanjutkan dengan Seleksi yakni seleksi administrasi dan akademis, kemampuan bahasa inggris, dan tes kepribadian, selanjutnya berdasarkan hasil seleksi/tes tersebut maka terpilihlah 20 mahasiswa FIK UNY yang menjadi peserta student exchange mewakili FIK UNY ke Malaysia (Universitas Malaya). Program student exchange ini merupakan kali pertamanya dilaksanakan oleh FIK UNY dan University Malaya.

II. Waktu Kegiatan

Kegiatan Student Exchange berlangsung selama 28 hari, Para mahasiswa dari FIK UNY yang berjumlah 20 orang berangkat dari Yogyakarta pada tanggal 7 Juli 2010 dan tiba kembali di tanah air apada tanggal 4 Agustus 2010

III. HASIL KEGIATAN
A. PROFIL UNIVERSITY OF MALAYA

1. Sejarah University of malaya
             Universiti Malaya, atau UM, universitas tertua di Malaysia, terletak pada 750 hektar (309 hektar) kampus di barat daya Kuala Lumpur, ibukota Malaysia.Didirikan pada bulan April 1949 di Singapura dengan merger dari Raja Edward VII College of Medicine (didirikan pada tahun 1905) dan Raffles College (didirikan pada tahun1928).

             University of Malaya namanya berasal dari istilah 'Malaya' sebagai negara kemudian dikenal. Komisi Carr-Saunders, yang merekomendasikan pembentukan universitas, tercatat dalam laporan PT pada tahun 1948: "The University of Malaya akan memberikan untuk pertama kalinya pusat umum di mana varietas ras, agama dan kepentingan ekonomi dapat berbaur dalam upaya bersama ... Untuk Universitas Malaya mau tidak mau harus menyadari bahwa itu adalah universitas untuk Malaya.

              Pertumbuhan sangat cepat Universitas selama dekade pertama pendiriannya dan ini mengakibatkan pembentukan dua Divisi otonom pada tahun 1959, satu berlokasi di Singapura dan yang lainnya di Kuala Lumpur. Pada tahun 1960, pemerintah dari kedua wilayah menunjukkan keinginan mereka untuk mengubah status dari Divisi ke dalam sebuah universitas nasional. Legislasi disahkan pada tahun 1961 dan University of Malaya didirikan pada tanggal 1 Januari 1962.Pada 16 Juni 1962, University of Malaya merayakan instalasi yang pertama Kanselir, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj, yang juga perdana menteri pertama negara itu. Yang pertama adalah Wakil Rektor Profesor Oppenheim, seorang Matematikawan terkenal di dunia.Saat ini, Royal-Nya Yang Mulia Sultan Perak Darul Ridzuan adalah Kanselir dari University of Malaya. Ghauth Jasmon diangkat sebagai Wakil Rektor kesepuluh-University of Malaya pada 8 November 2008.

2. Visi dan Misi University of Malaya
    Misi
    Untuk memajukan ilmu pengetahuan dan pembelajaran dalam penelitian dan pendidikan berkualitas untuk  
    negara dan kemanusiaan

    Visi
    Untuk menjadi sebuah institusi perguruan tinggi yang ternama di tingkat internasional dalam penelitian, 
     inovasi, penerbitan dan pengajaran

Kebijakan Mutu University of Malaya
Universitas Malaya beriltizam untuk melaksanakan pengajaran dan pembelajaran, melakukan penelitian dan layanan yang berkualitas, menghasilkan ilmu pengetahuan, dan meningkatkan keilmuan dalam usaha peningkatan berkelanjutan untuk manfaat semua pelanggan, khususnya pelajar Universiti Malaya.

Nilai-nilai inti university of Malaya
1. Integritas
a) Menampilkan nilai moral dan etika yang tinggi
b) Bertindak dengan jujur tanpa mempertimbangkan keuntungan pribadi
c) Berpegang teguh kepada hasil yang berbasis kebenaran dan keadilan tanpa rasa takut atau pilih kasih
d) Tidak menyalahgunakan kuasa atau otoritas
e) Tidak bertolak angsur dengan tingkah laku yang tidak profesional atau tidak etis
f) Tidak memburuk-burukkan universitas

2. Hormat
a) Mengiktiraf, memahami Dan menghargai kewujudan perbezaan antara Insan
b) Menghargai perbezaan sudut pandangan Dan mempamerkannya dalam Gerak Kerja Dan ketika membuat keputusan Harian
c) Melayani Semua Orang secara saksama bermaruah Permasalahan Dan Tanpa menghormati mereka 
mengira Bangsa, Agama, jantina Danijel jawatan dalam Organisasi
d) Meneliti secara berterusan terhadap sikap Diri Sendiri Orang berbaring bagi tindak-tanduk mengelakkan 
Yang tidak Sesuai Dan tidak Adil


3. Kebebasan Akademik
a) mengakui peran utama Universitas Kita sebagai institusi berlangganan Dan Yang menyebarkan Ilmu 
pengetahuan kemanusiaan untuk Artikel memajukan kebaikan
b) mendorong menghasilkan aktivitas dan yang dapat menyebarkan pengetahuan Ilmu Negara Yang 
memanfaatkan kemanusiaan Dan dapat
c) Artikel Baru Bertolenrasi Yang Danijel pendapat aktivitas berbeda dari pandangan pribadi
d) Menghargai Permasalahan Dan penyataan mendorong pertukaran ide sudut pandang dan yang berbeda
e) Tidak melibatkan segala bentuk kegiatan dalam Diri Yang Dan tidak melanggar hukum untuk Artikel bertopengkan Akademik kegiatan bermoral
f) Menggunakan kebebasan secara bertanggung jawab Akademik Dan etika
g)Menghargai semangat mendapatkan kebebasan untuk Artikel Penjelasan; penggalakannya akan keanaeragaman menjurus kepada perkembangan intelektual dan kesadaran; penghakisannya akan keanaeragaman menjurus kepada PANDUAN Salah Dan kemerosotan intelektual

4. Berfikiran Terbuka
a) Mengakui, memahami dan menghargai keberadaan perbedaan antara insan
b) Menerima ide dan sudut pandang yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi
c) Memiliki sifat rendah diri dengan menerima fakta bahwa pendapat sendiri tidak selalu benar
d) Mendorong penyataan dan pandangan yang dapat menyumbang kepada kemajuan intelektual bangsa 
dan kemanusiaan
e) Adil dan adil dalam meneliti dan nilai ide dan pandangan orang lain

5. Bertanggung Jawab
a) Memiliki sikap adil dan tegas dengan apa yang benar atau salah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab
b) Bertanggung jawab dan menghormati semua komitmen yang berhubungan dengan kerja
c) Melaksanakan tanggung jawab dalam jangka waktu, biaya dan standar yang ditetapkan
d) Melaksanakan tugas dengan mematuhi syarat dan peraturan organisasi
e) Mengawasi dan membantu staf bawahan dan bertanggung jawab atas segala tugas yang diberikan
f) Bertanggung jawab kepada ketua dalam tindakan apapun dan perlakuan yang berhubungan dengan kerja

6. Profesional
a) Membanggakan kerja dan pencapaian
b) Selalu meningkatkan pengetahuan seiringan dengan perkembangan profesi yang berhubungan dengan
c) Berusaha terus menerus untuk meningkat dan memajukan tingkat efisiensi diri
d) Menampilkan efisiensi dan keahlian dalam bidang kepakarannya
e) Berhemat dan efisien dalam memenuhi komitmen dan menepati tanggal akhir tugas organisasi
f) Dapat menerima kritik dari orang lain dan menggunakannya untuk meningkatkan kinerja diri
g) Berpegang teguh kepada etika profesional pada setiap waktu
h) Berikan penghargaan kepada setiap orang yang telah memberikan kontribusi
i) Tidak mengijinkan kekhawatiran atau kepentingan pribadi mengatasi kepentingan keadilan dan Keadilan

7. Meritokrasi
a) Pelantikan, pemilihan dan kenaikan pangkat berdasarkan merit
b) Menilai prestasi siswa semata-mata berdasarkan pencapaian akademis, keterampilan dan kegiatan luar 
kurikulum

8. Semangat bekerja berpasukan
a) Memupuk budaya kerja yang prihatin dan mesra
b) Bekerjasama dengan rekan kerja
c) Menjadi mentor ke staf baru di grup
d) Informasi dengan menghargai ide dan keahlian orang lain secara tulus dan siap untuk belajar dari orang lain
e) Beri dukungan, bertanggung jawab dan bertindak sesuai dengan hasil universitas meskipun keputusan 
tersebut mungkin tidak menggambarkan pendirian pribadi
f) Berbagi puji-pujian atas pencapaian kelompok dan bertanggung jawab bersama atas setiap kekurangan
g) Tidak mengijinkan objektif pribadi mengatasi objektif grup

9. Kreatif
a) Berusaha secara aktif untuk meningkatkan program
b) Tidak menentang hal baru dan tidak konvensional
c) Berusaha melewati perbatasan ilmu untuk mendapatkan pengetahuan yang baru
d) Menyambut pandangan dan cara untuk melihat sesuatu hal yang baru
e) Meneliti secara kritis apapun kepercayaan dan kebiasaan lama  menghargai daya imaginasi diri sendiri dan juga daya imaginasi orang lain
f) Bersedia untuk berubah dan menerima perubahan

10. Tanggung Jawab Sosial
a) Menyumbang kepada pembangunan negara
b) Bergabung aktivitas layanan masyarakat
c) Menggunakan keahlian yang ada untuk peningkatan masyarakat dan negara
d) Menghargai lingkungan dan kemapanannya

Tujuan pendidikan University of Malaya
a) Menampilkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang studi mereka, penelitian dan praktik profesional yang sesuai serta proses-proses pemikiran kritis, pemikiran kreatif dan pemecahan masalah.
b) Menggunakan metode yang efektif termasuk teknologi saat ini untuk mengurus informasi, untuk mencapai variasi tujuan profesional sesuai dengan standar profesional serta membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang sesuai.
c) Terlibat dalam pembangunan otomatis dan pembangunan profesional secara berkelanjutan, mendukung 
pembangunan profesional orang lain dan menunjukkan sikap kepemimpinan dan profesional yang positif   serta berbudi pekerti bagi amalan yang efektif
d) Berkomunikasi secara efektif dengan profesional yang lain, masyarakat dan memamerkan wawasan jelas terhadap tanggung jawab sosial.
 e) Menghayati dan selalu dipandu nilai-nilai inti Universitas Malaya yaitu integritas, hormat, kebebasan akademis, berpikiran terbuka, akuntabilitas, profesionalisme, meritokrasi, semangat kerja tim, kreativitas dan tanggung jawab sosial.




B. PUSAT SUKAN UNIVERSITI MALAYA

          Sukan merupakan bahasa malaysia yang berarti Olahraga. Pusat sukan merupakan salah satu fakultas di universiti malaya yang biasa disebut sains sukan. Pusat sukan telah berdiri pada tahun 1986. Pusat sukan merupakan institusi pendidikan awam yang pertama di malaysia yang menawarkan program sarjana sains sukan yang dimulai pada tahun 1995. selain menawarkan program akademik melalui bagian akademik, pusat sukan juga mengendalikan semua aktivitas sukan dan ko-kurikulum di universiti malaya, selain itu juga menjadi badan penyelaras penggunaan semua fasilitas sukan kampus melalui bagian yang berhubungan.

        Visi pusat sukan adalah untuk menjadi pusat kecemerlangan di peringkat antar bangsa dalam pengajaran, pembelajaran dan penyelidikan sains sukan serta perkhidmatan dan pembangunan sukan.
Misi pusat sukan adalah untuk menerajui perkembangan bidang sains sukan melalui pengajaran, pembelajaran dan penyelidikan serta menyediakan perkhidatan berkualiti dan membangunkan sukan kepada warga kampus dalam pembudayaan gaya hidup cergas.



C. KEGIATAN - KEGIATAN
1. KOLEJ 10 UNIVERSITI MALAYA
           Kolej kediaman Tun Ahmas Zaidi atau sering disebut kolej 10 merupakan tempat tinggal atau asrama  bagi mahasiswa internasional. Kolej ini merupakan suatu wadah dimana seperti miniatur dunia, karena mahasiswa tidak hanya dituntut belajar ilmu pengetahuan tetapi juga belajar menjadi masyarakat dunia. Transfer ataupun pertukaran pengetahuan dan juga budaya antar negara berlangsung setiap hari, setiap jam, menit, bahkan detik.

Gambar 1. International student Kolej 10 (Tempat Kediaman Mahasiswa)

           Banyak hal yang sangat bermanfaat ketika berada dalam lingkungan global ini, seperti memperluas koneksi, menambah pengetahuan, budaya, khususnya budaya kampus sehingga dapat menambah wawasan global dan perpektif. Hal ini membuka mata serta memberikan motivasi kepada saya sebagai mahasiswa untuk belajar lebih banyak lagi.
           Fasilitas olahraga di kolej 10 terdiri dari 1 lapangan basket, 1 lapangan futsal, lapangan bulu tangkis outdoor dan juga sepak takraw. Layanan kolej sangat baik, mudah dan cepat. Untuk komunikasi ataupun akses internet sangat mudah dan cepat. Dari dalam bilik atau kamar kita masih bisa tetap internetan 24 jam free non stop. Untuk persediaan air bersih (air minum) masing-masing sudah tersedia di tiap kolej. Kamar atau bilik sudah cukup luas Satu kamar atau bilik disediakan dua bed, untuk dua mahasiswa dan juga dua lemari, kursi dan meja belajar.

A. TEMAN INTERNATIONAL STUDENT (KOLEJ 10 UM)
• Foto Bareng Teman International student














Gambar 2 . Peserta International Student (Kolej 10 UM)


B. PERTUNJUKAN SENI ANTAR NEGARA















Gambar 3. Pertunjukan Seni Antar Negara

Ket : Foto ini diambil saat malam keakraban antar mahasiswa, disini masing-masing mahasiswa wajib menampilkan budaya negaranya. Teman-teman Indonesia menampilkan pencak silat sebagai pertunjukan seni nya.

C. MINGGU HALUAN SISWA UNIVERSITI MALAYA 2010/2011

         Minggu haluan siswa universiti malaya jika di UNY sama hal nya dengan masa orientasi mahasiswa. Seluruh mahasiswa international student wajib mengikuti acara ini

2. PERKULIHAN DI PUSAT SUKAN UNIVERISTI MALAYA
Kegiatan perkuliahan di pusat sukan universiti malaya terdiri dari dua mata kuliah dengan 6 sks yang masing-masing mata kuliah memiliki bobot 3 sks yakni social institution and sport dan pengurusan sukan.

Gambar 4. Pusat Sukan UM

Kedisiplinan sangat diterapkan dalam perkuliahan, seperti waktu kuliah, materi perkuliahan dan juga ketetapan kontrak belajar. Mahasiswa harus memakai pakaian yang rapi (sesuai ketentuan) ketika mengikuti perkuliahan. Tidak boleh memakai pakaian yang mencolok, kaos, rok mini, rambut panjang untuk pria, sandal,dsb.

A. VPES 2148 – SOCIAL INSTITUTION AND SPORT
Dr Selina Khoo Phaik Lin merupakan dosen pengampu mata kuliah ini. Mata kuliah sosiologi olahraga ini sangat menarik untuk dipelajari karena disesuaikan dengan atmosfir Malaysia

a. Peserta SE b. Menerima Materi Kuliah
Gambar 7. Perkulihan Dr. Selina Khoo Phaik Lin

Selain itu saat menjelaskan materi dosen pengampu menggunakan bahasa campuran yakni melayu, inggris dan cina membuat mahasiswa harus focus dan benar-benar konsentrasi di setiap kata yang di ucapkannya. Mata kuliah ini membahas tentang media dan olahraga, wanita dan olahraga, rasisme dan olahrga,doping dan olahraga,dsb. Contoh pembahasan pernyataan dibawah ini:
"Sport is not an expression of some biological human need," writes Michael Messner, "it is a social institution. Like other institutions, such as the economy, politics, and the family, the structure and values of sport emerge and change historically, largely as a result of struggles for power between groups of people" (8). Indeed, changing the structure of any the institution is a struggle that is not by any means easily won. The institution of sport presents a unique set of boundaries to overcome with regard to gender equality in male-dominated sports. Both men and women take big risks when they forge new ground by competing in a sport that is traditionally dominated by the opposite sex.



1. VISIT TO MALAYSIAN AMATEUR ATHLETIC UNION, BUKIT JALIL

Gambar 8. Pengurus MAAU dan Peserta SE UNY
Berkunjung ke Malaysian amateur athletic union merupakan salah satu program dari dr. selina unuk mata kuliah ini. Hal ini sangat memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menambah wawasannya mengenai sejarah dan perkembangan athletic di Malaysia. Tidak hanya itu mahasiswa dapat langsung melihat prestasi atlet athletic, managemen dan struktur kepengurusannya.




2. VISIT TO OLYMPIC COUNCIL OF MALAYSIA

Gambar 9. Pengurus OCM dan ketua SE UNY
Berkunjung ke Olympic council of Malaysia, bertemu dengan ketua pengurus badan, melihat sejarah partsispasi Malaysia dalam olympic.










3. IPC POWERLIFTING WORLD CHAMPIONSHIPS, STADIUM TITIWANGSA


Gambar 10. Peserta SE UNY di Stadium Titiwangsa

IPC Power Lifting world championship, berlangsung di stadium titiwangsa Malaysia. Salah satu bagian dari perkuliahan social institution and sport ini mahasiswa mberkesempatan meyaksikan kejuaran sedunia ini. Kejuaraan ini diikuti oleh Negara-negara maju yang sangat menghargai ataupun perhatian terhadap orang kurang upaya (cacat). Namun sayangnya diantara Negara itu, Indonesia tidak ikut berpartisipasi.






B. VMES 3127- PENGURUSAN REKREASI
Mohd Salleh Aman, PhD merupakan pengampu mata kuliah pengurusan rekreasi, Kandungan dari mata kuliah pengurusan rekreasi adalah mempelajari konsep rekreasi dan struktur pentadbiran dan pengurusan dan perancangan rekreasi, mempelajari tentang garis panduan/prosedur pengurusan dan perancangan rekreasi. Kemahiran membuat perancangan rekreasi untuk komuniti. Berikut, di bawah ini sedikit paparan mengenai materi mengenai pengurusan rekreasi oleh Mohd Salleh Aman, PhD.

a. Rekreasi
Rekreasi berasal daripada kata latin ’recreatio’ yang bermaksud restoration/recovery. Menurut Mohd Salleh Aman, PhD (2004) rekreasi adalah aktiviti masa lapang yang membina (positif) sama ada berbentuk riadah (aktif) atau santai (pasif). Ia dilakukan atas pilihan sendiri sama ada secara individu atau berkumpulan. Aktiviti rekreasi disusun atur dalam bentuk pertandingan atau secara tidak formal. Ia bertujuan untuk mencapai kesejahteraan diri dan mengutamakan keseronokan.

b. Sukan
Sukan (sport) berasal daripada bahasa latin, Desporto yang bermaksud to carry away (melari-indahkan). Mohd Salleh Aman, PhD (2005) menjelaskan bahwa secara umum definisi sukan mengambil kira komponen ”aktiviti fizikal’,’pertandingan’, ’peraturan’, ’main’ dan ’permainan’

c. Pengurusan Rekreasi
Definisi dari Pengurusan sukan adalah satu proses mencari cara menguruskan suatu organisasi dan kegiatan rekreasi dengan menentukan tanggungjawab, mengoptimumkan penggunaan sumber untuk mencapai objektiv. Empat langkah dalam pengurusan rekreasi yakni perencanaan, pengorganisasian, dorongan, dan control.

d. Kemahiran Asas Rekreasi
Dalam pengurusan rekreasi diperlukan kemahiran, dalam perkuliahan Mohd Salleh Aman, PhD enam kemahiran yakni ikatan, abseling, flying fox, kayak, kraf perkemahan dan rafting termasuk bagian praktikum dalam pengurusan rekreasi. Setiap mahasiswa harus menguasai kemahiran tersebut. Berikut akan sedikit dipaparkan mengenai keenam kemahiran asas rekreasi;


1. IKATAN
Tali yang digunakan dalam aktivitas rekreasi ialah carmantle. yang terbuat dari ribuan synthetic fibre, di bagian dalam (nylon atau pralon) dan pembalut luarnya merupakan benang yang melindungi ketika diberi tekanan berat waktu menggunakannya (energy absorption capacity).Hal Ini dapat menyelamatkan pengguna dari carmatle yang keras. Carmantle juga memmpunyai ketahanan geseran (abrasion resistence) dan mempunyai ciri water resistence.

Terdapat dua jenis tali carmantle yaitu dinamik dan statik. Carmentle dinamik mempunyai pelapis benang yang sesuai untuk aktivitas abseiling dibandingkan dengan carmantle statik yang pelindungnya tidak kuat menahan beban, namun tali ini cocok digunakan saat melakukan aktivitas flying fox. Ukuran yang digunakan ialah antara 50 hingga 100 meter dan lilitan 9 mm. Tali ini perlu mendapat izin oleh union international alpinisme (UIAA).

Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis ikatan yang digunakan untuk suatu program rekreasi. Hal ini tergantunng pada keperluan, aktivitas dan lingkungan. Namun kesemua jenis ikatan itu perlulah mempunyai ciri-ciri selamat atau tidak mudah lepas dan mudah dibuka kembali.

beberapa ikatan yang dapat digunakan saat melakukan aktivitas rekreasi,lihat gambar dibawah ini;
1. Clove hitch

2. Fisherman knot

3. Bowline

4. Figure of eight


2. ABSELING


Gambar 9. mahasiswa UNYdi UM

Abseiling merupakan satu aktivitas menuruni satu kawasan tinggi ke kawasan rendah dengan menggunakan tali. Individu terlibat akan mengawal dirinya sendiri pergerakannya namun begitu sebagai langkah keselamatan, belayer akan bertanggungjawab membantu individu itu pada masa-masa kecemasan bagi mengelakkan kemalangan seperti tergelongsor.
Untuk memastikan aktivitas berjalan lancar, harus menggunakan peralatan yang baik dan berkualitas. Mematuhi tata tertib dalam abselling sangat penting agar tidak terjadinya kecelakaan.


Alat yang digunakan:
1. tali carmantle dinamik
2. harness
3. sling
4. carabiner
5. figure of eight
6. helmet
7. glove
8. Pulley


3. FLYING FOX

           Flying fox merupakan satu aktivitas luncuran menuruni kawasan, puncak bukit atau bangunan yang tinggi ke satu kawasan rendah. Contohnya melintasi sungai, bukit dan sebagainya. Aktivitas ini memerlukan keterampilan yang sedikit berbeda dengan abseiling. Yang harus dilakukan oleh Individu yakni mengimbangi badan ketika meluncur namun pada saat akan berhenti biasanya akan dibantu oleh stopper. Stopper berfungsi menghentikan individu yang telah meluncur dan akan segera sampai pada jarak tertentu. Selain untuk tujuan rekreasi, flying fox bisa digunakan untuk memindahkan benda yang berat dari satu kawasan yang tidak mudah sampai.

            Untuk memastikan aktivitas ini dapat dijalankan dengan lancar peralatan yang digunakan harus dalam keadaan baik. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan individu harus memahami peraturan ataupun tata tertib yang berlaku saat melakukan aktivitas tersebut.

Alat yang digunakan :

1. tali carmantle statik
2. harness
3. Pulley
4. carabiner
5. Sling
6. helmet


4. KAYAK

            Kayak merupakan dua bilah ( blade). Kayak mempunyai beberapa bagian penting antaranya cockpit, deck dan hull. Kelajuan dan kesetabilan kayak tergantung bagaimana bentuk hull yang dibuat dan kendali. Semakin runcing bentuk hull sebuah kayak, semakin cepat pergerakkannya dan semaikn tidak stabil.

Pada dasarnya, kayak yang dibuat untuk kecepatan biasanya dibuat lebih kecil ukurannya tetapi lebih panjang. Bagi kayak yang dibuat khusus di arus deras, biasanya berbentuk lebih pendek dan jumlahpermukaan hull yang diletakkan diatas air adalah lebih sedikit sehingga memudahkan pergerakan. Untuk melakukan aktivitsd berkayak, kita memerlukan padlle dua bilah blade (dayung).

UM memiliki tasik skaligus fasilitas rekreasi untuk berkayak dan rekreasi lainnya. Untuk pertama kalinya saya berkayak, baru bisa merasakan bagaimana cara mengemudi yang baik dan benar. Ternyata dengan berkayak kita tidak hanya belajar mendayung tetapi juga belajar keseimbangan. Dalam berkayak keseimbangan sangat diperlukan. Meskipun sering terjatuh, saya dapat mengambil pelajaran dari pengalaman ini.

5. KRAF PERKEMAHAN

Perkemahan adalah kehidupan sederhana yang dilakukan di hutan, pentai, bukit, gunung atau sebagainya. Mahasiswa wajib mempraktikan cara membangun kemah.
Perkemahan di praktikan saat rafting di sungai nenggiri, perjalanan menyelusuri sungai dan dilanjutkan berkemah saat malam hari menambah pengalaman yang luar biasa bagi kami. Membuat kami menjadi lebih dekat dengan penduduk asli, dekat dengan alam (hutan), sumber daya alam, pariwisata(GUA MUSANG) yang ada di malaysia.


6. RAFTING (SUNGAI NENGGIRI KELANTAN)

Rafting sungai nenggiri kelantan berlangsung selama tiga hari dua malam. Berangkat dari kolej pukul 9 PM dan tiba pagi hari sekitar pukul 7 AM. Begitu turun dari bus, kami sudah di pertemukan dengan buah durian dan buah rambutan yang sangat lezat. Kamipun menyerbunya, setelah itu bersiap untuk rafting menelusuri sungai dengan jeram yang tak terduga, namun sangat menyenangkan.

Di perjalanan rafting ini saya banyak mendapatkan hal-hal baru dan sumber daya alam yang ada di kelantan seperti tumbuhan menjalar yang bisa dimakan, buah liar dan juga durian yang sangat enak. Di pinggir sungai dapat terlihat banyak pohon durian yang berbuah lebat, memang pada saat itu di kelantan sedang musim durian dan rambutan. Malam pertama kami berkemah di tepi sungai, paginya melanjutkan perjalanan kembali menelusuri sungai (rafting). Kemudian sampai ke desa (tempat penduduk asli malaysia) pada malam harinya kami disuguhkan tarian atau budaya khas (kesenian) penduduk asli daerah kelantan yang ada disana, kami sangat bergembira. Selanjutnya di pagi hari saya bangun kemudian langsung mencari durian yang jatuh, mendapatkan durian sangat menyenangkan setelah itu siang harinya kami bergegas untuk melanjutkan perjalanan (rafting) menuju tempat Bus, selanjutnya pulang ke kolej 10 .



III LEISURE

Leisure bisa diartikan sebagai waktu luang. Pada saat ada waktu luang kami melakukan traveling ke melaka, menara twin tower, pusat perbelanjaan seperti time squere, mid valley, ptailing street, pasar seni,dan putra perjaya.

a. Travel Melaka












b. Travel Petronas












Gambar 15. traveling malaysia


IV. PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

              Pendidikan sangat berkaitan dengan budaya. Budaya merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Di malaysia budaya masih sangat kental, semua yang ada tersusun secara rapi dan teratur mengacu pada budaya yang di anut. Budaya terkait dengan agama, yang mayoritas penduduk malaysia menganut agama islam dan juga hukum islam yang diterapkan membuat jelas ciri antar individu (umat beragama).

              Olahraga, di malaysia olahraga biasa disebut dengan sukan. Apabila penduduk asli ditanya apa itu olahraga mereka menjawab olahraga adalah F1. Masyarakat malaysia lebih menyukai leisure (rekreasi) daripada berolahraga (prestasi). Rekreasi yang paling diminati antara lain adalah pusat perbelanjaan (time squere,mid valley,dsb), pulang kampung, tasik,dll) Kurangnya minat masyarakat malaysia berolahraga karena budaya dan kurangnya fleksibilitas individu untuk melakukan physical fitnes. Hal ini terlihat pada wanita, jarang sekali terlihat wanita melakukan aktivitas olahraga seperti hal nya di indonesia. Karena faktor wanita yang terkait dengan aurat dan sebagainya sehingga wanita harus mempunyai tempat ataupun ruang sendiri untuk berolahraga. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor penghambat wanita dalam berolahraga.

             Di malaysia pendidikan jasmani termasuk juga dalam bagian pendidikan, namun menurut dr. Hamdan menyatakan bahwa masih kurangnya guru yang profesional di sekolah yang ada di malaysia. Karena penjas dianggap tidak penting/ dipandang sebelah mata oleh berbagai pihak yang pada dasarnya lebih mementingkan akademis. Hal ini menyebabkan kurang terealisasikannya tujuan dari pendidikan jasmani.





V. REKOMENDASI
     a. Sebaiknaya program student exchange ini dilakukan secara terus-menerus atau berkelanjutan dan
         menjadi program tahunan untuk FIK UNY
     b. Sebaiknya perencanaan pelaksanaan kegiatan terkait dengan waktu lebih di perhatikan. Efektifkah
         kegiatan SE yang hanya dilakukan selama 1 bulan? Untuk itu perlu dilakukan evaluasi kembali.
     c. UNY sebagai WCU khususnya FIK Perlu memperbanyak kerja sama dengan university luar negeri
         atau pun dalam negeri. sehingga mahasiswa bisa lebih banyak memiliki peluang dalam pengembangan,
         dan peningkatan kualitas studinya.

VI. PENUTUP

            Demikian laporan ini saya buat sebagai bentuk pertanggung jawaban keikutsertaan dalam kegiatan student exchange FIK Universitas Negeri Yogyakarta dengan Universitas Malaya. Semoga laporan ini bermanfaat serta kegitan student exchange dapat berlanjut pada perode berikutnya.

















PROFIL PENULIS

NAMA : SUCI CAHYATI
JENIS KELAMIN: FEMALE
TTL : Baturaja, 12 Mei 1990
KEBANGSAAN : INDONESIA
PEKERJAAN : MAHASISWA
PTK : FIK UNY
PRODI : POR/PJKR B 2008
NIM : 08601241071
ALAMAT : JL. RE. Marta Dinata No. 299 Baturaja OKU SUM-SEL
TELP : 0877 96784119
HOBI : SPORT
CITA-CITA : Membahagiakan orang yang aku cinta
MOTTO : WHERE IS A WILL THERE IS A WAY

RIWAYAT PENDDIDIKAN :
• TK YWKA OKU BATURAJA (1996)
• SD NEGERI 31 BATURAJA OKU (2002)
• SMP NEGERI 1 BATURAJA OKU (2005)
• SMA NEGERI 4 BATURAJA OKU (2008)

RIWAYAT ORGANISASI/UKM DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
• HIMA PJKR R 2008 ( SEKRETARIS)
• BEM FIK UNY 2009 ( STAF SSRC )
• KPU UNY 2010 ( BENDAHARA )
• UKM SOFTBALL UNY

1 komentar: